Kami Siap Mewujudnya Masyarakat Desa yang sehat, peduli, dan tanggap terhadap permasalahan kesehatan

Artikel

MAHASISWA KKN-P UMSIDA MELUNCURKAN PROGRAM 'GERAKAN LITERASI' UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PENDIDIKAN DI SDN SELOTAPAK

25 Februari 2024 12:25:19

Administrator

156 Kali dibaca

Gerakan Literasi Sekolah atau GLS merupakan salah satu kegiatan untuk menggerakan literasi di lingkungan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi yang merupakan bagian dari Gerakan Literasi Nasional, sehingga akan dapat tercipta pembelajaran sepanjang hayat.

Secara spesifik Gerakan Literasi Sekolah merupakan sebuah kegiatan dalam upaya menumbuhkan budi pekerti peserta didik khususnya dan seluruh warga sekolah pada umumnya yang bertujuan agar pelaku gerakan literasi memiliki budaya membaca dan menulis sehingga tercipta pembelajaran sepanjang hayat yang terpatri di diri masing-masing individu.

mahasiswa kkn ikut serta dalam gerakan literasi di sekolah sdn selotapak, mahasiswa membantu para siswa untuk meningkatkan semangat berliterasi dalam membaca buku di perpustakaan sekolah.

Literasi ini dilakukan pada SD SELOTAPAK di hari Selasa, 20 Februari 2024 jam 09.30 WIB yang dilakukan oleh siswa kelas 3.

Tujuan dari Program Gerakan Literasi

Peserta didik wajib meminjam buku perpustakaan untuk kegiatan literasi, Hal ini selain menggalakkan literasi juga untuk meningkatkan jumlah pengunjung dan jumlah peminjam buku perpustakaan. Peserta didik bebas memilih buku sesuai dengan minat mereka.

Manfaat adanya kegiatan ini untuk siswa yaitu :

  1. Program literasi pendidikan dapat membantu siswa mempercepat kemampuan mereka dalam membaca, yang pada akhirnya mempengaruhi kualitas pemahaman dan retentifnya.
  2. Program literasi pendidikan dapat membuat siswa lebih senang membaca dan memperluas topik yang mereka minati, yang akan mempengaruhi motivasi mereka dalam belajar.
  3. Program literasi pendidikan dapat membantu siswa memperbaiki kemampuan mereka dalam menjelaskan isi buku yang mereka baca, yang akan mempengaruhi kualitas pemahaman mereka.

Peran Literasi Pendidikan

Literasi pendidikan sangat penting karena berperan dalam memperkuat sistem pendidikan, mengembangkan kemampuan komunikasi, dan mempersiapkan individu untuk sukses di dunia kerja. Literasi dasar, seperti membaca, menulis, berhitung, sains, finansial, digital, dan budaya, merupakan landasan yang harus dikuasai setiap individu. Literasi membaca dan menulis, misalnya membantu siswa memahami materi yang diajarkan dengan lebih mudah dan menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari.

Respon dari Siswa

Dari hasil wawancara siswa dengan salah seorang siswa yang bernama panji mengutarakan "sangat menyenangkan dan menambah pengalaman dalam berliterasi"

 

Kirim Komentar

Komentar Facebook

Pemerintah Desa

Statistik

Arsip Artikel

Agenda

Belum ada agenda

Sinergi Program

SID
Media Online
Kecamatan Trawas

Media Sosial

Statistik Pengunjung

Hari ini:37
Kemarin:108
Total Pengunjung:46.914
Sistem Operasi:Unknown Platform
IP Address:3.138.135.248
Browser:Mozilla 5.0