Kami Siap Mewujudnya Masyarakat Desa yang sehat, peduli, dan tanggap terhadap permasalahan kesehatan

Artikel

Sejarah Desa Selotapak

01 November 2023 12:13:42

Administrator

711 Kali dibaca

Dahulu kala, pada zaman Majapahit daerah ini merupakan hutan yang lebat. Lalu ketika seseorang babat alas (membuka hutan) ia menemukan sebuah batu yang terletak di dekat pohon beringin, batu tersebut memiliki banyak tapak (jejak) hewan dan manusia. Hal inilah yang membuat daerah ini bernama Selotapak yang berarti batu (selo) yang memiliki bentuk jejak (tapak). Pada tahun 1962, batu tapak ini sempat akan diangkat oleh bupati untuk pembangunan tetapi tidak bisa, sehingga batu tersebut tetap berada di dekat pohon beringin sampai saat ini dan dikeramatkan oleh masyarakat sekitar. Desa Selotapak memiliki 2 dusun, yaitu :

  • Dusun Selotapak

Asal nama dari dusun ini berawal dari ditemukannya sebuah batu yang memiliki banyak tapak hewan dan manusia. Sampai sekarang batu tersebut masih terletak di dekat pohon beringin Dusun Selotapak.

  • Dusun Jaten

Asal usul nama Jaten adalah karena terdapat sebuah pohon jati yang tidak bisa tumbuh besar padahal sudah berumur ratusan tahun, dan ukurannya masih tetap kecil sampai sekarang, sehingga dikeramatkan oleh masyarakat sekitar.

Kirim Komentar

Komentar Facebook

Pemerintah Desa

Statistik

Arsip Artikel

Agenda

Belum ada agenda

Sinergi Program

SID
Media Online
Kecamatan Trawas

Media Sosial

Statistik Pengunjung

Hari ini:41
Kemarin:108
Total Pengunjung:46.918
Sistem Operasi:Unknown Platform
IP Address:18.119.106.237
Browser:Mozilla 5.0